Minggu, Oktober 20, 2013

Kendaraan bertenaga listrik itu ide bagus?!

Sadar dari akibat buruk pemanasan global dan polusi udara, pabrikan motor dan mobil di dunia berlomba membuat mesin yang jauh lebih ramah lingkungan. Banyak dari mereka justru kabur dari bahan bakar fosil dan mengandalkan tenaga listrik alias batrai. Tapi pada dasarnya ide tersebut tidak banyak membantu dalam mengurangi efek buruk pemanasan global. Kenapa?

What the HELL?!

Kamis, September 12, 2013

Seperti apa kehidupan manusia 100 tahun mendatang

Oke ane bukan peramal yang punya bola Kristal atau orang dari masa depan, tapi sebenarnya masa depan bisa diprediksi berdasarkan masa lalu. Helah ga percaya?



Kasi contoh, 100 tahun lalu, era 1900an, kamera adalah barang mewah, mahal dan ribet dipake waktu itu. Tapi lihat sekarang, anak SDpun foto ini itu dan dibagi ke seluruh dunia lewat blog sudah bukan hal yang aneh lagi. Dari ide begini, alias dari perbandingan fakta 100 tahun yang lalu dengan masa sekarang maka seharusnya kita bisa prediksi kehidupan manusia dimasa 100 tahun mendatang.

Selasa, Juli 30, 2013

MotoGP bike setup

Disetiap wawancara akhir pekan MotoGP terutama di sesi latihan banyak pembalap ngomongin masalah setingan motor. Sayangnya mereka ga menyebut secara mendetail settingannya bagaimana karena itu tugas mekanik. Nah untungnya MotoGP mengupload sebuah video singkat yg menjelaskan secara detail perubahan apa saja yg mereka lakukan pada motor untuk membuat pembalap mereka lebih percaya diri di atas motor. 

Ducati GP12

Intinya artikel ini akan membahas tentang apa itu settingan motor dan bagaimana para mekanik MotoGP melakukannya.

Selasa, Juli 16, 2013

Why do MotoGP riders like to waving their feet?

Have you ever wonder why a rider putting his leg down while breaking to enter a corner? They called it “Rossi Leg Wave”, has now a new technique among riders which pionereed by Valentino Rossi.


I’m not a MotoGP rider so I can’t explain in detail manner why they turning almost lika a motorcross rider. Even if you ask the riders themselves you may find confusing answer, they just usually say “it feels natural”. Is there any technical reason behind this modern moto racing phenomenon?

Senin, Juli 15, 2013

Kenapa pembalap MotoGP suka turunin kaki?

Pernah liat pembalap nurunin kaki sewaktu masuk tikungan? Gerakan yang dipopulerkan oleh Valentino Rossi itu makin bikin penasaran banyak orang. Kenapa justru banyak pembalap malah nurunin kaki kaya di balapan motorcross? 

Valentino Rossi Catalunya 2011

Oke, ane bukan pembalap MotoGP jadi ga tau detail yah. Fenomena ini populer disebut sebagai “Rossi Leg Wave”, karena memang Rossi yang pertama sering turunin kaki kalo mau masuk tikungan. Berdasarkan hasil browsing sana sini di situs motor akhirnya nemu juga alasannya. Jangan tanya pembalapnya langsung deh, mereka jawabnya cuma “it feels natural”.

Jumat, Juni 28, 2013

Valentino Rossi, The Trendsetter in MotoGP

As we all may know that Valentino Rossi has won 9 time world titles in motorbike racing, and he has huge fans all around the globe. For many years, Rossi has been a benchmark for many riders out there. As one of most successful MotoGP rider, Rossi inspired many riders including Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Andrea Ianonne, etc.


From his racing style, special helmet and racing suit graphic design, and even on track winning celebration. And even there’s one Spanish rider who grossly copied everything about Rossi.

Selasa, Juni 18, 2013

Valentino Rossi, Trendsetter-nya MotoGP

Juara dunia 9 kali disemua kelas Living Legend Valentino Rossi emang banyak diidolain orang termasuk dikalangan pembalap sendiri. Selama bertahun-tahun jadi benchmarknya dunia balap motor. Sebagai salah satu pembalap motor tersukses sepanjang masa, Valentino Rossi banyak menginpirasi pembalap-pembalap lain termasuk Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Andrea Ianonne dll. 


Dari gaya balap, corak helm dan baju balap, sampai gaya selebrasi yang banyak ditiru oleh pembalap lain. Wajar kalo kang Rossi dicap sebagai trendsetternya MotoGP modern. Bahkan ada yang menjiplak mentah-mentah.